Call  +62 361 421 845 (Hunting)
Berita     Jadwal & Kegiatan     Poto Galeri     Tanggapan Pelanggan    

PDAM Tirta Mangutama


Beranda / Info Pelanggan / Tatib Pelanggan

Tata Tertib Pelanggan PDAM Tirta Mangutama

KEPUTUSAN

DIREKSI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM  TIRTA MANGUTAMA

KABUPATEN BADUNG

NOMOR :  24.1 / PDAM / KPTS / 2016

T E N T A N G

TATA TERTIB BAGI PELAGGAN AIR MINU

DIREKSI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA MANGUTAMA

KABUPATEN BADUNG

 

Pasal 1

KETENTUAN UMUM

  1. Perusahaan Daerah adalah Perusahaan Daerah Air Minum Tirta mangutama Kabupaten Badung.
  1. Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung adalah pejabat yang diangkat Berdasarkan Surat keputusan Bupati  Badung.
  1. Air Minum adalah air yang memenuhi persyaratan atau standar Departemen Kesehatan.
  1. Sarana dan prasarana penyediaan air minum adalah bangunan beserta peralatan dan perlengkapannya yang menghasilkan, menyediakan dan menyalurkan air minum untuk masyarakat.
  1. Penyediaan air minum adalah usaha-usaha untuk menghasilkan, menyediakan dan menyalurkan air minum untuk masyarakat.
  1. Kran umum adalah sarana pelayanan untuk daerah-daerah pemukiman tertentu yang penduduknya cukup padat dan tingkat kemampuan ekonominya rendah.
  1. Pipa Distribusi adalah pipa pembawa air minum dari reservoir sampai ke pipa dinas.
  1. Pipa Dinas adalah pipa yang menghubungkan pipa distribusi sampai Meter Air.
  1. Meter Air adalah alat untuk mengukur pemakaian air  Pelanggan termasuk pelengkapannya.
  1. Stop Kran adalah alat untuk mengatur pengaliran air.
  1. UJL adalah Uang Jaminan Langganan yang harus dibayar oleh calon Pelanggan sebagai salah satu syarat sebelum melaksanakan pekerjaan penyambungan saluran air minum ditempat calon Pelanggan.
  1. Instalatur adalah suatu badan usaha atau usaha perorangan yang bergerak dalam pekerjaan instalasi air minum.
  1. Pelanggan adalah pemakai air minum perorangan atau badan yang menggunakan air minum Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung.

.

KETENTUAN KHUSUS

  1. Pelanggan  diharapkan untuk menggunakan air seperlunya dan menutup kran dalam rumah dengan baik bila air tidak diperlukan.
  1. Pelanggan  berkewajiban memelihara, memeriksa dan menjaga  meter air untuk menghindari adanya kesalahan perhitungan pemakaian air dan untuk dapat segera mengetahui kebocoran serta kerusakan pada meter air.
  1. Pelanggan  harus selalu memperhatikan instalasi pipa dalam rumah agar kebocoran – kebocoran dapat dihindari.
  1. Segel sebelum  Meter Air adalah untuk pengaman dan kelancaran pengaliran air, tetapi bukan untuk pengamanan instalasi rumah.
  1. Stop kran sebelum meter air pemeliharaan dan atau pemanfaatannya adalah kewenangan pihak PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dan Stop kran setelah meter air pemeliharaan dan atau pemanfaatannya menjadi tanggung jawab pelanggan.
  1. Menempatkan Barkode (ID Pelanggan) harus di tempat yang aman dan mudah di lihat oleh Petugas PDAM.
  1. Pengaduan kekeliruan pencatatan angka pada meter air hanya dapat dilayani dalam jangka waktu paling lama  7 (tujuh) hari kerja setelah dilaksanakan pembacaan.
  1. Pelanggan air minum diharapkan memiliki bak penampungan sementara untuk menanggulangi bila ada gangguan pengaliran air minum.
  1. Apabila pelayanan PDAM tidak maksimal, maka pelanggan dapat mengajukan keluhan / pengaduan kepada PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  2. Apabila dikehendaki, pelanggann dapat berhenti berlangganan PDAM sesuai ketentuan yang berlaku

 

PASAL 2

PEMBEBANAN PEMAKAIAN AIR

  1. Bilamana angka meter air Pelanggan tidak dapat dibaca, baik secara langsung maupun tidak langsung akibat :  

                                   a. pintu rumah terkunci

                                    b. meter air tertimbun

                                    c. meter air mati

                                    d. meter air Kabur

                                    e. di bawah tumpukan barang atau hal-hal lain

                                    f. dan sebab sejenis lainnya

      maka pembebanan pemakaian air akan diperhitungkan berdasarkan pemakaian rata-rata tiga bulan terakhir.

  1. Pemakaian air tinggi akibat kekeliruan pembebanan pembacaan meter, akan diperhitungkan sesuai pemakaian air pada bulan-bulan berikutnya atau diadakan koreksi.

 

PASAL 3

PEMBAYARAN REKENING PEMAKAIAN

AIR MINUM DAN DENDA-DENDA

  1. Pelanggan air minum dapat membayar rekening air minum mulai tanggal 5 sampai dengan tanggal 25 setiap bulan.
  2. Keterlambatan pembayaran rekening air minum setelah tanggal batas waktu pembayaran sesuai ayat 1 pasal ini  setiap bulan dikenakan denda sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) atau disebut denda I setiap rekening air  minum.
  3. Keterlambatan pembayaran rekening air minum 3 (tiga) minggu setelah batas waktu pembayaran sesuai ayat 2 pasal ini  aliran air akan diputus sementara (disegel) tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan dikenakan uang segel sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) atau disebut denda II. Sedangkan pelaksanaan pengaliran kembali (pembukaan segel) akan dilaksanakan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja setelah pelunasan seluruh denda dan tunggakan rekening air tersebut.
  4. Keterlambatan pembayaran 2 (dua) bulan sejak tanggal batas waktu pembayaran sesuai ayat 1 pasal ini, meter air dicabut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, dikenakan denda sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) atau disebut denda III dan penyambungan kembali (PK) akan dilakukan paling lambat  7 (tujuh) hari kerja setelah melunasi seluruh tunggakan sebelumnya.
  5. Permohonan penyambungan kembali yang diajukan lebih dari 2 (dua) bulan setelah pencabutan dilaksanakan sesuai ayat 4 pasal ini , atas keterlambatan pembayaran pelanggan dikenakan biaya sambungan baru disertakan dengan melunasi seluruh tunggakan rekening.
  6. Pembayaran denda atas keterlambatan membayar pada ayat 2, 3, 4 dan 5 tersebut diatas dilakukan pada loket pembayaran PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung yang telah ditentukan.
  7. Pelanggan dikenakan golongan tarif air minum sesuai dengan Surat Pj. Bupati Badung Nomor : 412.21 /4857a /Adm.Ek, tanggal 12 Nopember 2015 Tentang Ketetapan Tarif Air Minum Tahun 2016 dan Surat Keputusan Direksi Nomor: 21 /PDAM/KPTS/2016, tanggal 1 Pebruari 2016 tentang Tarif Air Minum Bagi Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mangutama Kabupaten Badung Tahun 2016.

 

PASAL 4

PENTERAAN DAN ATAU PENGETESAN METER AIR

  1. Meter air yang dipasang PDAM Kabupaten Badung di masing-masing rumah atau persil Pelanggan ditera terlebih dahulu oleh Pemerintah melalui Dinas Meterologi.
  1. Penteraan ulang meter air atas permintaan Pelanggan di Kantor Badan Meterologi (bila dilaksanakan oleh Badan Meterologi).
  1. Kalibrasi meter air dilapangan dilaksanakan oleh petugas PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dan hasil testnya dibuatkan Surat Keterangan Pengetesan Meter Air yang disetujui kedua belah pihak, dengan pembebanan biaya kepada Pelanggan sebesar Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah).
  1. Jika Water Meter yang diusulkan dilakukan kalibrasi oleh pelanggan yang umur ekonomisnya 5 tahun atau lebih dari 5 tahun maka Water Meter tersebut wajib dilakukan pergantian dan tidak dikenakan biaya kalibrasi.
  1. Apabila hasil pengetesan melebihi standarisasi akurasi meter air dari dinas meterologi yaitu 1% sampai dengan 2%, maka kelebihan tersebut akan dikoreksi melalui rekening air dan meter air diganti atas biaya PDAM

 

PASAL 5

DENDA MERUSAK, PENYADAPAN AIR TANPA WATER METER,

MENGHILANGKAN METER AIR ,

PERUBAHAN SITUASI SAMBUNGAN RUMAH DAN PENYADAPAN AIR

 

  1. Merusak dan atau memutus segel pada meter air dikenakan denda Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah).
  1. Meter Air yang tidak bisa dibaca secara langsung maupun tidak langsung, baik sengaja maupun tidak disengaja dikenakan denda sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) dan untuk pembebanan pemakaian air bulan bersangkutan diperhitungkan dengan rata-rata pemakaian 3 (tiga) bulan sebelumnya. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tidak memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut, maka  meter air dicabut. Bila dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak  meter air dicabut tidak memenuhi ketentuan tersebut, untuk menyambung kembali dikenakan biaya sesuai dengan sambungan baru ditambah  sanksi denda dan atau tunggakan yang ada.
  1. Merubah kedudukan  meter air dari tempat semula sehingga tidak sesuai dengan persyaratan teknis tanpa seijin PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dikenakan denda sesuai dengan biaya standar sambungan baru dan posisi meter air dikembalikan ke tempat semula.
  1. Pengambilan air dan atau penyambungan di luar meter air, dikenakan sanksi aliran air diputus sementara (disegel) dan denda sebesar biaya sambungan rumah ditambah biaya perhitungan pemakaian air 150 liter per orang/hari dikalikan jumlah keluarga selama setahun. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tidak memenuhi ketentuan tersebut maka meter air dicabut. Dan bila dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah  meter air dicabut tidak memenuhi ketentuan tersebut, untuk menyambung kembali dikenakan biaya sesuai dengan sambungan rumah dan melunasi sanksi denda sebelumnya. Bagi masyarakat yang tidak menjadi Pelanggan PDAM melakukan hal tersebut diatas, pihak PDAM akan melaporkan kepada pihak yang berwajib.
  1. Penyaluran air minum yang keluar dari persil Pelanggan untuk keperluan persil lain, dikenakan sanksi pemutusan sementara (disegel) dan sanksi denda yang besarnya sama dengan biaya sambungan rumah dan instalasi yang menuju persil lain dicabut. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka meter air dicabut, bila dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak meter air dicabut tidak memenuhi ketentuan tersebut, untuk menyambung kembali dikenakan biaya sesuai dengan biaya sambungan rumah ditambah melunasi sanksi denda sebelumnya.
  1. Merusak, mencabut dan menghambat jalannya meter air dengan alat bantu serta membalik posisi meter air dari posisi semula, memasang pompa isap pada meter air dikenakan sanksi pengaliran air diputus sementara (disegel) dan denda sepuluh kali pemakaian air tertinggi selama setahun. Apabila dalam jangka waktu 1 (satu) bulan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka meter air dicabut, dan bila didalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak meter air dicabut tidak memenuhi ketentuan tersebut, untuk menyambung kembali dikenakan biaya sesuai dengan biaya sambungan baru ditambah melunasi denda sebelumnya.
  1. Menghilangkan meter air  dikenakan denda sama dengan sambungan baru dikurangi Uang Jaminan Langganan (UJL).
  1. Segala kerusakan pipa air akibat kelalaian pekerjaan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan atau instansi dikenakan biaya dan sanksi sesuai dengan ketentuan dan perhitungan PDAM Tirta Mangutama  Kabupaten Badung.
  1. Pemilik persil selaku Pelanggan bertanggungjawab atas segala beban biaya yang timbul terhadap sambungan air minum tersebut, walaupun persil atas rumah tersebut dikontrakkan atau dialihkan sementara penguasaannya.
  1. Pemakaian tinggi akibat kebocoran saluran meter air setelah diadakan pengecekan bersama adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
  1. Biaya pemindahan meter air dan biaya penurunan pipa dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan dan perhitungan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.

 

PASAL 6

BIAYA PENGETESAN DAN PENGURASAN PIPA

  1. Untuk kegiatan pengetesan dan pengurasan pipa oleh pihak ketiga dibebani biaya dengan tarif yang diperhitungkan sesuai dengan golongan tarif niaga kecil (E1) dengan Surat Perjanjian.
  1. Pembayaran biaya tersebut seperti point 1 diatas dilakukan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu setelah pekerjaan selesai dan dinyatakan dengan Berita Acara.

 

PASAL 7

BIAYA BALIK NAMA

Bagi Pelanggan yang balik nama dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah).

PASAL 8

PELAYANAN AIR MINUM DENGAN AIR TANGKI

  1. Pelayanan air minum dengan truk tangki hanya melayani wilayah pelayanan air minum PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung sesuai dengan kemampuan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  1. Pelayanan air minum dengan truk tangki sesuai point 1 diatas diutamakan kepada kelompok Pelanggan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung yang mengalami gangguan pengaliran air tanpa dikenakan biaya.
  1. PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung juga memberikan pelayanan dengan truk tangki kepada Banjar atau Dusun, Kelurahan atau Desa, Kecamatan untuk keperluan sosial di wilayah pelayanan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung dan dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) per tangki dan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum air dipergunakan agar mengajukan surat permohonan kepada PDAM Kabupaten Badung.

 

PASAL 9

SAMBUNGAN RUMAH

  1. Untuk menjadi Pelanggan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung , calon Pelanggan dikenakan uang pendaftaran sambungan baru sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) dengan syarat pendaftaran menyerahkan fotocopi KTP atau SIM yang masih berlaku, surat keterangan kepemilikan persil, surat kuasa bagi yang mewakili dan mengisi blanko permohonan.
  1. Calon Pelanggan tidak diperkenankan memasang dan atau menitipkan meter air pada persil orang lain.
  1. Calon Pelanggan dikenakan kewajiban membayar Uang Jaminan Langganan (UJL) sebagai salah satu syarat sebelum melaksanakan pelayanan penyambungan saluran air minum yang besarnya ditetapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  1. Uang Jaminan Langganan ( UJL ) dapat diambil atau diterima kembali oleh pelanggan apabila berhenti menjadi pelanggan air minum, yang terlebih dahulu diperhitungkan atau dikonpensasikan dengan tunggakan pembayaran rekening air yang ada.
  1. Persyaratan untuk mengambil UJL, Pelanggan wajib mengajukan surat permohonan berhenti menjadi pelanggan serta melampirkan fotocopy rekening air minum bulan terakhir pembayaran.
  1. Calon pelanggan dikenakan biaya penyabungan baru sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung
  1. Permohonan Sambungan rumah oleh pengembang ( Developer ) dan kolektif diatur dengan surat perjanjian tersendiri

 

PASAL 10

STANDAR  PELAYANAN

  1. Kas buka dari hari Senin sampai dengan hari Jumat mulai pukul 07.30  -  13.00 wita.
  1. Pembayaran rekening air di setiap loket dapat dilayani paling lama 5 menit.
  1. Standar pemasangan sambungan baru dapat dilaksanakan dalam waktu paling lama 4 (empat) hari kerja setelah pembayaran biaya sambungan baru.
  1. Penyambungan kembali dapat dilaksanakan paling lama 4 (empat) hari kerja setelah pembayaran biaya penyambungan kembali.
  1. Layanan informasi dan pengaduan dapat disampaikan langsung kepada petugas setiap hari kerja, melalui surat, melaui telepon (0361) 421845 (hunting fax 0361 423964) dilayani selama 24 jam, melalui website http://pdam-badung-bali.co.id, e-mail di  info@pdam-badung-bali.co.id
  1. Penanganan penyelesaian keluhan dapat dilakukan paling lama 2 (dua) hari kerja.

 

PASAL 11

KETENTUAN PENUTUP

 

  1. Para pelanggan baru dikenakan dana pemeliharaan meteran yang penagihannya setiap bulan bersamaan dengan pelaksanaan penagihan rekening air minum yang besarnya sesuai dengan ketentuan PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung.
  1. Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan bahwa apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dan kesalahan akan diperbaiki sebagaimana mestinya.
  1. Dengan diberlakukannya Keputusan  ini maka Keputusan Nomor : 28 / KPTS /PDAM / 2015, tanggal 9 Februari 2015  tentang tata tertib pelanggan dinyatakan tidak berlaku lagi.

 

                                                                               Disahkan di          : Denpasar

                                                                               Pada tanggal        : 1 Maret 2016

 

                                                                                                Direksi

 

                                                                            I Made Subarga Yasa, SE.,MM

                                                                                         Direktur Utama


PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung
Kantor Pusat Pelayanan
Jl. Bedahulu No. 3, Denpasar, Bali - Indonesia 80111
Telp: +62 361 421 845 (Hunting)  Fax: +62 361 423 964
Email: info@pdam-badung-bali.co.id
Situs: www.pdam-badung-bali.co.id

© PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung 2017

Top